03 Juli 2023

, , ,

Modul Ajar Pemograman Scratch

 


Halo namaku Rita Wati, akrab di sapa dengan Cikgu Rita. Panggilan ini Cikgu populerkan untuk dunia maya. Saat ini Cikgu sedang menempuh Pendidikan Magister Teknik Informatika di Universitas Amikom Yogyakarta. Pada tahun 2021 Cikgu meraih prestasi penganugerahan Guru Inspiratif Terbaik Kemendikbudristek dalam rangka Hari Guru Nasional. Selain itu Cikgu memiliki hobi menulis di blog dan mulai mengikuti kompetisi blog, alhamdulillah saat ini telah meraih beberapa prestasi  seperti: Juara 1 Lomba Blog IndiHome Kategori Pendidikan, Juara 1 Lomba Blog  PGRI Tingkat Nasional,  dua kali Juara 2 Lomba Blog SATUGURU & PANDI, dan 2 kali juara pavorit lomba blog yang diadakan ASUS.

Saat ini Cikgu mengajar di SMP Negeri 2 Mendoyo yang berada di Jl.Bukit Semadi, Desa Pohsanten, Kec.Mendoyo, Kab.Jembrana Provinsi Bali. Sekolah ini dikenal dengan sebutan Sekolah ‘MEWAH’ alias mepet sawah, karena dikelilingi oleh sawah dari berbagai arah barat, timur, utara dan selatan. Pemandangan di sekolah Cikgu sangat indah apalagi ketika berangkat pada pagi hari menjelang terbit matahari terlihat hamparan sawah dan bukit yang menjulang.

Sekolah Cikgu memiliki 2 ruang Lab Komputer . Dalam 1 ruang terdiri dari 40 komputer. Cikgu sangat bersyukur sekali tahun 2018 sekolah Cikgu mendapatkan bantuan komputer dari Pemerintah Kabupaten dalam rangka pelaksanaan UNBK. SMP Negeri 2 Mendoyo menjadi urutan ke-4 di Kabupaten Jembrana yang memiliki siswa di atas 800 an. Dalam Penerimaaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah menerima siswa melalui jalur zonasi, siswa berprestasi dan siswa kurang mampu. SMP Negeri 2 Mendoyo merupakan salah satu sekolah Terdepan di Kabupaten Jembrana karena prestasi siswa dibidang akademik dan non akademik.

Modul ajar ini cikgu adopsi dari modul Ibu Heni Pratiwi yang terdapat pada  https://linktr.ee/k_merdeka semoga modul ajar ini dapat membantu siswa dalam pembelajaran yang menyenangkan dan membangkitkan kemampuan pedagogik, keterampilan siswa serta menyukseskan Kurikulum Merdeka Belajar.


0 comments:

Posting Komentar