15 Juli 2022

, , ,

Perjalanan Menjadi Guru Inspiratif Kemendikubudristek dan Penerapan Kurikulum Merdeka Bersama IndiHome


Jadikan Setiap Tempat Sebagai Sekolah, Jadikan Setiap Orang Sebagai Guru -Ki Hajar Dewantara-

 

Pengantar

Cikgu, sebutan ini mulai saya populerkan untuk panggilan Dunia Maya (Dunmay) sejak setahun belakangan ini. Perkenalkan nama saya Rita Wati akrab disapa dengan Cikgu Rita, bertugas di SMP Negeri 2 Mendoyo Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali.

Tiada menyangka tahun 2021 dalam rangka Hari Guru Nasional Cikgu mendapatkan penganugerahan Guru Inspiratif Terbaik Kemendikbudristek untuk jenjang SMP. Sebelum mendapatkan penganugerahan Cikgu adalah  guru biasa layaknya kebanyakan guru yang hadir ke sekolah untuk mengajar, mendidik dan membimbing siswa dengan tugas tambahan sebagai Kepala Lab Komputer dan Operator Dapodik.

 

Dokumen Pribadi

Apakah Guru Harus Juara?

Kala di Sekolah Dasar Cikgu sudah tertarik untuk menjadi guru, sebab melihat guru yang  bersemangat dalam mengajar, tapi ketika itu di dalam benak Cikgu untuk menjadi seorang guru  wajib pintar dan juara kelas. Padahal ketika SD Cikgu tidak sempat mencapai juara hanya mentok di rangking IV.

Singkat cerita hingga jenjang SMA walaupun senang belajar akan tetapi tetap mentok pada rangking III, padahal usaha dan kerja keras sudah Cikgu lakukan tapi takdir masih berkata lain, impian untuk merasakan juara 1 sepanjang di sekolah dasar dan menengah belum terwujud.

Selesai SMA Cikgu melanjutkan pendidikan S1, karena mengambil jurusan Informatika keinginan menjadi guru pun sudah mulai terlupakan. Ketika kuliah yang Cikgu fokuskan adalah segera lulus karena tidak ingin membebani orang tua. Tidak disangka berkat kerja keras Cikgu meraih predikat Lulusan Terbaik dan meraih juara Speech contest tingkat mahasiswa.

Sungguh sangat mengharukan, ketika duduk dibangku sekolah bersaing dengan sahabat sekelas Cikgu belum mampu untuk mencapai puncak prestasi tapi Allah kabulkan kala Cikgu menjadi mahasiswa. Penantian yang cukup Panjang 16 tahun menanti baru dapat merasakan menjadi sang juara, hingga meraih  Penganugerahan Guru Inspiratif Terbaik Kemendikbudristek. Dari situ Cikgu meyakini  dream will come true yang terpenting never give up. 

 

 

Dokumen Pribadi

Berawal dari coba-coba

Semua berawal dari pandemi Covid-19, masa di mana kita harus beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru yaitu beraktivitas dari rumah (belajar,bekerja, beribadah). Mula menjalani fase ini sungguh sangat berat karena belum terbiasa. Akan tetapi semuanya harus dilalui.

Sebulan pertama ketika pemerintah mengeluarkan Surat Edaran untuk melakukan aktivitas dari rumah. Cikgu merasa rutinitas Cikgu begitu-begitu saja mengajar masih mengandalkan media WA belum banyak mengeksplor tools pembelajaran online. Akhirnya Cikgu mulai coba-coba mengikuti pelatihan, workshop online, karena kebetulan di rumah menggunakan IndiHome milik PT Telkom Indonesia yang membuat Cikgu tidak terlalu memikirkan masalah paket data, sinyal dan yang pasti refreshing dengan tayangan unggulan TV nya dong yang membuat Cikgu kepincut (tertarik).

Pelatihan online pertama yang Cikgu ikuti adalah Mengikuti Kelas Belajar Menulis yang diselenggarakan oleh Kogtik yang bekerja sama dengan PGRI. Kelas belajar menulis ini cukup unik hanya diselenggarakan melalui WA Group dengan alasan karena guru-guru di seluruh Indonesia kondisi sinyalnya berbeda-beda sehingga WA adalah media yang sangat memungkinkan agar semua guru yang ingin Belajar Menulis dapat terakomodir.

  

Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama-Nadiem Anwar Makarim-

 

Dokumen Pribadi

Benar saja kegiatan ini diikuti oleh guru mulai dari sabang hingga Merauke. Walaupun dilaksanakan secara online melalui WA akan tetapi pesertanya sangat antusias. Kini Kelas Belajar Menulis Online Kogtik dan PGRI ini sudah mencapai 26 group yang telah diikuti oleh ribuan guru akan tetapi peserta yang lulus baru ratusan karena masih banyak yang belum menyelesaikan resume dan menerbitkan buku solonya. Sehingga seleksi alam pun terjadi walaupun banyak yang berbondong-bondong bergabung tapi yang lulus jumlahnya baru mencapai 20%.

Keunikan dalam pelatihan ini peserta harus membuat resume yang telah disampaikan oleh narasumber dan di posting ke dalam blog.  Untuk kelulusan dan mendapatkan sertifikat  pelatihan 40 Jam Pelajaran (JP) ini peserta minimal harus membuat 20 resume yang telah diposting ke dalam blog. Cikgu sangat bersyukur bisa lulus  dalam pelatihan ini hingga berhasil menerbitkan buku solo perdana  yang berjudul 25 Trik Jitu Menulis dan Menerbitkan Buku.

 

Tidak hanya Kelas Belajar Menulis yang diselenggarakan oleh PGRI saja, Cikgu juga mengikuti Club Menulis lainnya yaitu AISEI Writing Club.  The Association for International minded School Education for Indonesia, (AISEI) adalah sebuah Komunitas Pendidik di Indonesia yang memiliki misi yaitu memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia mulai dari akar permasalahannya, memperkenalkan sistem pendidikan asing, meningkatkan profesionalisme serta mengembangkan kompetensi pendidik.

Pelatihan AISEI sedikit berbeda karena pelatihan dilaksanakan melalui zoom. Cikgu juga sangat bersyukur bisa menyelesaikan pelatihan ini selama 5 bulan dan tulisan Cikgu terpilih menjadi buku AISEI perdana yang berjudul Hidden Curriculum (Kurikulum Ngumpet).

Dokumen Pribadi

Sejak mengikuti kedua pelatihan inilah Cikgu memiliki semangat menulis sehingga  berbagai artikel  dan  materi  pelajaran Cikgu posting ke dalam blog sehingga Cikgu memiliki 4 alamat blog yang berbeda-beda.

        www.ritapinang.my.id

        www.cikgurita.com

        www.catatangurumilenial.wordpress.com

        www.kompasiana.com/ritapinang

 

Semakin Semangat Mengikuti Pelatihan Online

Selesai mengikuti Kelas Belajar Menulis rupanya membuat Cikgu semakin haus dengan ilmu,  Cikgu semakin bersemangat untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan secara online melalui zoom, WA Group, Telegram ataupun youtube. Sehingga banyak ilmu baru yang Cikgu dapati dan menjadi bekal Cikgu sebagai guru untuk memberikan cara baru dengan media baru dalam pembelajaran. Akhirnya Cikgu pun mengembangkan materi pembelajaran dalam bentuk tutorial dan Cikgu upload ke dalam chanel youtube Cikgurita. Tentu saja didukung dengan IndiHome Internet Indonesia yang cukup stabil sehingga  pembelajaran  dapat terlakasana tanpa batas dan berjalan lancar dengan biaya sangat terjangkau.

 


Dokumen AISEI

Salah satu materi pelajaran di chanel Cikgurita

Tampilan channel youtube Cikgurita


Mulai Pede Mengikuti Lomba Blog dan Lomba Video Pembelajaran Tingkat Nasional

Keaktifan menulis di blog membuat Cikgu mulai tertarik mengikuti lomba blog dan lomba video pembelajaran tingkat nasional. Awalnya ya sekadar ikutan saja dan ingin mengetahui juga bagaimana cara membuat tulisan menarik dan video menarik ditambah lagi didukung IndiHome membuat Cikgu tidak ragu-ragu ikut berkompetisi di Tingkat Nasional.

 

 Lomba Video Pembelajaran Untuk Pendidik Tingkat Nasional (AISEI )

Sayembara Video Tingkat Nasional (GTK Dikdas)

Gagal dalam sebuah kompetisi itu tidak menjadi persoalan yang terpenting tidak mudah putus asa, pantang menyerah dan terus belajar pada akhirnya Cikgu berhasil memperoleh beberapa prestasi yang tanpa disangka prestasi itu berkat kompetisi blog, video pembelajaran yang dilaksanakan secara online.

Dokumen Pribadi

Jejak Digital Menjadikanku  Narasumber Nasional 

Keaktifan Cikgu menulis di blog dan membuat materi ternyata meninggalkan jejak digital.  Sehingga Cikgu mulai diundang untuk sharing tentang kepenulisan dan blog maupun sebagai moderator mendampingi narasumber Nasional. Cikgu sangat bersyukur menggunakan IndiHome Telkom Indonesia sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

 

Dokumen Pribadi

Mengajak Guru  Ngonten Materi  di Blog

Cikgu tidak ingin sendiri dalam mengembangkan materi melalui blog. Cikgu menyarankan kepada Kepala Sekolah mengadakan pelatihan membuat blog untuk guru yang berada di lingkungan SMP Negeri 2 Mendoyo. Ketika mengusulkan pelatihan ini Cikgu sudah mempertimbangkan kecepatan internet untuk dipakai 45 guru di sekolah kami. 

Alhamdulillah pelatihan berjalan lancar dan sekarang  sebagian besar guru di sekolah kami telah memiliki blog yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Jika sebelumnya digunakan dalam pembelajaran jarak jauh kini, bisa digunakan untuk blended learning, pengayaan dan tentu saja dapat mendukung Kurikulum Merdeka

 

Pelatihan membuat blog (Dokpri)

Berikut ini daftar blog guru SMP Negeri 2 Mendoyo

NO

NAMA BLOG

1

https://catatangurumilenial.wordpress.com/

2

https://odstats.blogspot.com/?m=1

3

https://endangwidaningrum.blogspot.com/?m=1

4

https://bahasaindonesia7smpn2mendoyo.blogspot.com/?m=1

5

https://nandadewi1002.blogspot.com/?m=1

6

https://veraangelina489.blogspot.com/2020/07/unsur-unsur-berita-5w1h.html?m=1

7

https://nitadewi063.blogspot.com/2020/07/selamat-datang-di-blog-saya.html?m=1

8

https://gustiariantini.blogspot.com/2020/07/selamat-datang.html?m=1

9

https://tejaws19.blogspot.com/?m=1

10

https://senibudayabanat.blogspot.com/?m=1

11

https://bahasainggrisaf.blogspot.com/2020/07/certain-and-uncertainty.html

12

https://ekapramanadewi.blogspot.com/2020/07/bab-1-bilangan.html?m=1

13

https://erkamayaiketut.blogspot.com/

14

https://riskinalarasati.blogspot.com/?m=1

15

https://nyomanwidiandayani.blogspot.com/?m=1

16

https://wirakusmayadhi.blogspot.com/

17

 https://adidarmena.blogspot.com/

18

https://ppknviinorken.blogspot.com/?m=1

19

https://bkbukitsemadi.blogspot.com/

20

http://inspirasikonselorsekolah.blogspot.com/?m=1

21

https://agamahinduspenduyo.blogspot.com/?m=1

22

https://deblogsport13.blogspot.com/?m=1

23

https://budigatot.blogspot.com/?m=1

24

https://agamahinduspenduyo.blogspot.com/2020/07/agama-hidu.html

25

https://agamagstktsuarjana.blogspot.com/?m=1

26

https://togiant.blogspot.com/?m=1

27

https://socialstudy8.blogspot.com/?m=1

28

https://teknologisukaryawan.blogspot.com/?m=1


Penganugerahan Guru Inspiratif Terbaik Kemendikbudristek

Keraguan melanda, ketika Petunjuk Teknis Penganugerahan Guru Inspiratif dikeluarkan oleh Dirjen GTK Dikdas. Saat itu Cikgu memperoleh Juknis tersebut dari group WA pelatihan Belajar Menulis. Ketika membaca juknis Cikgu merasa belum ada praktik baik menarik yang telah Cikgu lakukan, sehingga Cikgu sempat memutuskan untuk tidak mengikuti penganugerahan guru inspiratif.

Akan tetapi menjelang 2 hari terakhir pendaftaran ditutup Cikgu terpikir dengan konten materi pelajaran yang telah Cikgu posting kedalam blog dan youtube  yang jumlahnya sudah mencapai ratusan serta telah Cikgu jadikan buku sebagiannya.

Dokumen Pribadi


Tulisan di blog yang dibukukan (Dokpri)

Akhirnya menjelang penutupan pada tanggal 8 November 2021 Cikgu kebut untuk rekaman, membuat best practice dengan judul Literasi Blog dan Tutorial Youtube Untuk Mengatasi Learning Loss. Berikut hasil video praktik baik dan Best Practice yang Cikgu buat dalam rangka seleksi Guru Inspiratif tahun 2021.


Video Praktik Baik Seleksi Guru Inspiratif


Naskah Praktik Baik Seleksi Guru Inspiratif

Untung saja sekolah menggunakan IndiHome sehingga ketika Cikgu melaksanakan pembelajaran internet sangat bersahabat. dan begitu juga dengan persyaratan video yang harus di upload di youtube dan berkas-berkas yang harus dikirim ke link drive panitia terbantukan dengan internet stabil sehingga dapat mengirim kelengkapan sebelum batas waktu pendaftaran berakhir. Cikgu sangat bersyukur masuk 20 finalis yang diundang ke Jakarta Untuk mempresentasikan Praktik Baik yang telah Cikgu lakukan dalam mengatasi learning loss dan terpilih menjadi salah satu Guru Inspiratif Terbaik Jenjang SMP.


 

Manfaat Internet di Sekolah

Tidak dipungkiri pemanfaatan internet di sekolah sangatlah penting demi keberlangsungan administrasi dan pembelajaran yang menerapkan sistem blended learning. Dalam hal administrasi mengirim data DapodikPelatihan Online, Lomba Akademik non AkademikBOS, pembelanjaan yang mewajibkan melalui SIPLAH, upadete Facebook, Instagram, web dan youtube sekolah tentu saja tidak lepas dengan internet. Dalam proses belajar-mengajar saat ini internet menjadi kebutuhan primer terlebih mata pelajaran Informatika yang banyak mengeksplor tutorial.

 

Pemanfaatan Internet di SMPN 2 Mendoyo (Dokpri)

ANBK Full Online

Hal yang tidak kalah penting selain pembelajaran dan administrasi sekolah adalah Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Tahun kemarin sekolah kami memantapkan pilihan untuk menggunakan sistem ANBK full online baik ANBK mandiri maupun ANBK yang ditumpangi Sekolah Dasar. Kami sangat bersyukur dengan pembayaran yang tidak terlalu memberatkan kegiatan ANBK dapat berjalan dengan lancar.

Dokumentasi ANBK SMP Negeri 2 Mendoyo

Penilaian Akreditasi

Akreditasi di sekolah kami berakhir pada tahun 2020, karena masa pandemi penilaian akreditasi mundur tahun 2021 dan dilaksanakan secara online. Walaupun penilaian secara online, tapi kami bersyukur SMP Negeri 2 Mendoyo Terakreditasi A  (Unggul) dengan nilai 94. Tentu saja nilai ini muncul karena didukung dengan Internetnya Indonesia yang stabil pada saat penilaian yang dilakukan secara online.

Dokumen SMP Negeri 2 Mendoyo


Tes Gaya Belajar Siswa

Tahun pelajaran 2022/2023 SMP Negeri 2 Mendoyo melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan pilihan mandiri berubah untuk siswa kelas 7.  Salah satu poin terpenting dalam Kurikulum Merdeka adalah melaksanakan pembelajaran diferensiasi, maka dari itu sekolah mengadakan Tes Gaya Belajar yang dilaksanakan di Lab Komputer SMP Negeri 2 Mendoyo dengan mengisi form yang dilaksanakan secara online.


Dokumen Sekolah

Wisuda Virtual

Begitu besarnya pemanfaatan internet, membuat salah satu Tenaga Kependidikan melakukan wisuda virtual di perpustakaan sekolah. Tanpa terasa setelah 4 tahun melaksanakan kerja sambil kuliah sehingga momen wisuda virtual dilaksanakan bersama rekan kerja.

Foto wisuda virtual pegawai perpustakaan SMPN 2 Mendoyo (Dokpri)

IndiHome Mendukung Kurikulum Merdeka Belajar

Saat ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kurikulum ini dikeluarkan karena melihat kondisi pembelajaran selama pandemi yang bertujuan untuk mengatasi learning loss. Maka dari itu diperlukan kebijakan pemulihan pembelajaran dalam jangka waktu tertentu terkait dengan implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan.

Dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Kemendikbud telah menyediakan Platform Merdeka Mengajar yaitu platform teknologi yang disediakan untuk mendukung para guru agar dapat mengajar menggunakan Kurikulum Merdeka dengan lebih baik, meningkatkan kompetensinya, dan berkembang secara karier.

 

Tampilan Beranda Platform Merdeka Mengajar 

Cara Menggunkan Plat fom Merdeka Mengajar

Untuk menyukseskan Kurikulum Merdeka dan menggunakan platform Merdeka Mengajar kita memerlukan akses internet. Sebagaimana kita ketahui bersama Indonesia terdiri dari 17000 pulau yang sangat luas dan penduduk Indonesia yang terpencar di puluhan ribu pulau dengan kondisi alam yang berbeda-beda, maka kebutuhan internet sangatlah urgent.

Mengapa IndiHome menjadi pilihan untuk aktivitas tanpa batas  dalam dunia pendidikan berikut 5 alasannya:


1. Layanan Hingga Pelosok Negeri

IndiHome merupakan salah satu provider yang menyediakan layanan internet hingga ke pelosok negeri. Calon pelanggan bisa mengecek melalui menu Cek Ketersediaan apakah layanan internet tempat tinggal calon costumer tersedia.

 

Sumber : indihome.co.id

2. Biaya terjangkau

Untuk aktivitas yang super padat dengan internet, jika tidak teliti maka pengeluaran akan sangat membengkak. IndiHome menyediakan beberapa pilihan paket yaitu Paket Promo, Paket 2P, Paket 3P sesuai dengan budget kantong Anda.


Sumber : indihome.co.id

3. Kecepatan upload dan download cukup baik

Beragamnya penggunaan internet di sekolah  oleh guru dan siswa, kecepatan internet menjadi pertimbangan dalam memilih provider internet. Untuk Kecepatan penggunaan IndiHome  Upload dan Download di sekolah kami dengan menggunakan IndiHome sudah cukup memuaskan.



Kecepatan Akses Internet Menggunakan Wifi IndiHome di SMPN 2 Mendoyo

4. Beragam layanan tambahan sesuai kebutuhan pelanggan

Selain penggunaan internet IndiHome juga menyediakan berbagai layanan seperti TV, Telepon, Add-On yang sesuai keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Sumber : indihome.co.id

5. Mempermudah transaksi terkhusus yang berkaitan dengan pendanaan BOS

Semua aktivitas yang diselenggarakan sekolah tidak lepas dengan pendanaan dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Selama ini sekolah sangat terbantu ketika melakukan transaksi yang harus dibayarkan secara online.

Dokumen Pribadi

Persiapan  Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Sekolah kami SMP Negeri 2 Mendoyo tentu saja ikut mendukung mensukseskan Kurikulum Merdeka dengan pilihan kedua yaitu mandiri berubah. Mengawali tahun pertama mengikuti Kurikulum Merdeka yang terkhusus untuk siswa kelas 7 sekolah mengadakan pelatihan workshop Kurikulum Merdeka dan Review Kurikulum

Dokumen Pribadi

Kurikulum Merdeka menitik beratkan pada pembelajaran terdiferensiasi, students center, serta penguatan Profil pelajar Pancasila yang memiliki 6 ciri utama yaitu: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.

 

 

Baliho Dimensi & Elemen pelajar Pancasilan SMPN 2 Mendoyo

Dalam kesempatan ini sebagai guru IT yang mendapatkan penganugerahan guru inspiratif tentu saja Cikgu memiliki kewajiban untuk terus belajar kemudian berbagi kepada rekan sesama guru untuk menjelaskan apa itu Kurikulum Merdeka, Modul ajar dan bagaimana cara menggunakan Platform Merdeka Mengajar.

Menu yang terdapat pada Platform Merdeka Mengajar (Dokpri)

Platform Merdeka Belajar (PMM) disediakan untuk membantu guru-guru mengetahui secara mandiri tentang Kurikulum Merdeka. Dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM) ini terdapat 6 menu utama yaitu :


Assesmen Murid. Pada menu asesmen ini guru dapat mempelajari bagaimana memberi  penilaian dan contoh soal untuk murid yang mencakup aspek diferensiasi dan Profil Pelajar Pancasila.

Perangkat Ajar. Dalam menu ini guru dapat melihat, mendownload serta berbagi perangkat pembelajaran berupa Modul Ajar, Buku Pegangan Guru dan Murid.

Bukti Karya. Dalam menu ini guru dapat mengupload bukti karya yang telah dilakukan baik dalam bentuk gambar maupun suara serta video yang terintegrasi dengan channel youtube guru,

Pelatihan Mandiri. Untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas guru tentang Kurikulum Merdeka yang dapat mendukung pembelajaran kepada siswa, guru dapat mengikuti pelatihan mandiri yang terdiri dari 8 pelatihan mandiri yaitu: Merdeka Belajar yang terdiri dari 5 modul, Kurikulum Merdeka 2 modul, Profil Pelajar Pancasila 8 modul, Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B 3 modul, Assesmen 3 modul, Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid 3 modul, Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila 7 modul dan Disiplin Positif 4 modul.

Video Inspirasi. Pada menu video inspirasi guru dapat melihat contoh-contoh video yang berkaitan dengan Kurikulum Merdeka dengan tujuan dapat memberikan gambaran kepada guru dalam melakasanakan Merdeka Mengajar

Komunitas. Terakhir menu yang ada adalah Komunitas dalam menu ini guru dapat bergabung dengan berbagai komunitas pendidikan yang ada di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk dapat berkomunikasi, berbagi, diskusi sesama pendidik.

 

 

Itulah enam menu yang terdapat dalam PMM yang dapat di akses oleh guru baik menggunakan PC maupun HP yang terkoneksi dengan internet. Dalam mendukung PMM SMP Negeri 2 Mendoyo selain memberikan workshop juga memberikan fasilitas akses internet yang didukung oleh IndiHome.

Dalam Pelatihan Mandiri Merdeka Belajar Cikgu telah menyelesaikan Aksi Nyata yaitu Menyebarkan Pemahaman Merdeka Belajar yang telah Cikgu share ke dalam blog Cikgurita

 



sumber:indihome.co.id

Kesimpulan

Internet saat ini menjadi kebutuhan primer dalam dunia pendidikan. Kegiatan proses belajar-mengajar, pelatihan, workshop, administrasi sekolah, ANBK, Dapodik, BOS, Akses SIMPKB, Platform Merdeka Belajar, Guru Berbagi, kegiatan lomba Akademik dan Non Akademik dan kegiatan lainnya saat ini tidak terlepas dengan internet. Demi kelancaran semua aktivitas sekolah, Cikgu dan Sekolah telah memilih IndiHome  milik PT Telkom Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi kualitas internetnya. 

Cikgu sangat bersyukur berkat IndiHome Cikgu berkesempatan mendapatkan penganugerahan Guru Inspiratif Terbaik Kemendikbud, juara blog, menjadi narasumber webinar, membuat konten youtube serta yang terbaru lolos seleksi 1 diantara 160 guru dari 4 negara Indonesia, Malaysia, Philipina dan Thailand yang akan mengikuti ALCoB ICT Volunteer (AIV) Kerjasama Kemendikbud Indonesia bersama Kementrian Pendidikan Korea Selatan sebagai Host yang akan diselenggarkan secara virtual pada tanggal 5 - 26 Agustus 2022 mendatang.

 


Semoga kegiatan yang akan Cikgu ikuti dapat berjalan dengan lancar, tanpa kendala dan Cikgu mempercayakan IndiHome sebagai Internetnya Indonesia.

Demikian sharing pengalaman Cikgu bersama IndiHome. Semoga pembaca terinspirasi bagaimana Cikgu memaksimalkan Pemanfaatan Internet bersama IndiHome  untuk Pendidikan Indonesia yang lebih baik. 


Nothing is imposible in this world what we look upon today, tomorrow may be acomplished fact - R.A.Kartini

Artikel ini diikutsertakan pada Lomba Blog Competition IndiHome



Referensi:

https://indihome.co.id/

www.telkom.co.id/

https://guru.kemdikbud.go.id/

https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/

 











23 komentar:

  1. Luar biasa Bu guru mantul prestasinya. Indihome memang sangat bersahabat saya menggunakan indihome sejak 2015 sangat membantu bisnis online sparepart laptop saya

    BalasHapus
  2. Terimakasih , sukses untuk bisnis onlinenya Pak

    BalasHapus
  3. Waaaaahhh,paket komplit ga sih,cik gu TIK nyambi jadi penulis,hasilnya jdi luar biasa..

    BalasHapus
  4. Keren...prestasi yg sangat membanggakan . Salut ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, Maj Sri juga luarbiasa Istikomah nulisnya

      Hapus
  5. Masya Alloh...
    Berbobot sekali bunda Rita..

    BalasHapus
  6. Cik Gu Rita memang kereeen... Banyak menginspirasi guru2 sluruh negri. Sukses sll Cik Gu. Smg kmi bsa mengikuti jejakmu... Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bu Atik, aamiin Bu Atik sudah sangat keren buku-bukunya sangat bermanfaat

      Hapus
  7. Semoga cikgu Rita menjadi sumber inspirasi bagi seluruh guru indonesia.amin.

    BalasHapus
  8. Farida Dian24 Juli, 2022

    Assalamualaikum wr wb. Bu Rita. Artikelnya sangat inspiratif dan lengkap ya Bu. Terima kasih bu atas penjelasannya.

    Perkenalkan bu saya Farida Dian, salah satu representatif dari Selasar Berbagi. Saya izin bertanya bu, kami dari Selasar Berbagi tertarik untuk mengundang Ibu sebagai pembicara di salah satu acara kami untuk menyambut hari anak. Apakah Ibu memiliki kontak yang bisa saya kontak lebih lanjut Bu? Terima kasih banyak Bu.

    BalasHapus
  9. Walaikumussalam wr.wb. Salam kenal Bu Farida kontak saya 085219585451

    BalasHapus
  10. masyaallahh sangat menginspirasi sekali Bu
    sukses selalu bu ritaa dan selalu menjadi guru yg menginspirasi ke depannyaa

    BalasHapus
  11. Thank you sukses juga ya buat Haini

    BalasHapus
  12. Lengkap sekali informasi dlm artikel ini. CIKGU Rita memang the best dong..

    BalasHapus
  13. Salam kenal mbak dr blogger www.jejakpanorama.com saye blogger dari negare ni hehehe

    BalasHapus