06 April 2022

Back To Campus After 17 Years

 



Hari ini kuliah perdanaku di Magister Teknik Informatika. Tiada mengira setelah 17 tahun lulus dari Sarjana di tahun 2005 sekarang kembali lagi saya melanjutkan kuliah di kampus ungu ini. Pilihan kembali ke kampus yang memiliki seribu kenangan bagiku karena PJJ MTI telah mengantongi izin dan terakreditasi dan ini masih satu-satunya Kampus dengan jurusan PJJ MTI yang mengantongi izin bisa dicek di BANPT

 

Seharusnya kuliah perdana pada tanggal 14 maret 2022 akan tetapi karena dosen yang berhalangan sehingga kulia perdana jatuh pada hari ini 15 Maret 2022. Menunggu kuliah perdana rasanya seperti menunggu sahabat yang sudah lama tidak bertemu. 

 

Senang, bahagia bisa bergabung dengan teman-teman para pekerja yang super sibuk sehingga pada saat kuliah masih ada yang sedang perjalanan pulang kerja, ataupun yang sedang menunggu pesawat untuk urusan pekerjaan.

 

Mata Kuliah pada hari ini Information Technology Audit dengan dosen pengampu lulusan S3 Australia Pak Alva yang sangat bersahabat memaklumi keadaan mahasiswa. Pak Alva berkata nanti sebaiknya Bpk/ibu membuat group matakuliah karena saya sibuk, tutor juga sibuk apalagi Bpk/ibu pasti tambah sibuk karena bekerja sambil kuliah.

 

Mata Kuliah Information Technology Audit , mendengar kata audit rasanya sudah tidak asing akan tetapi mengapa harus di audit dan bagaimana mengauditnya itu yang menjadi point untuk pemahaman bersama. 

Masih terngiang pembahasan dari Pak Alva yang mengatakan Knowledge harus milik perusahaan/organisasi bukan milik perorangan jika karyawan pindah maka perusahaan masih berjalan sebagaimana mestinya, tidak ada ketergantungan.

 

Kuliah semakin seru ketika masuk di acara diskusi Bpk Lamsadi menanyakan pertanyaan yang sangat high order thinking. Beliau khawatir dengan peperangan Ukraina vs Rusia yang ada kaitannya dengan Amerika. Khawatir data-data baru di google data e-banking dan sebagainya jika terjadi peperangan data bisa jadi hilang terus bagaimana cara menyikapi. Diskusi semakin hangat dengan masukan atau tanggapan dari rekan-rekan mahasiswa S2.

 

Sebagai dosen Pak Alva menanggapi jika server di google justru tidak berpusat di Amerika tapi di pecah-pecah di beberapa negara. Dan negara kita tentu saja memiliki ketergantungan di negara luar seperti Singapura yang dekat dengan Indonesia data server banyak tersimpan di sana. Tapi pada intinya jangan terlalu over thinking terhadap negara luar karena negara luar juga menganggap negara Indonesia juga tidak kalah keren. 

 

Tanpa terasa 1 jam 30 menit telah berlalu materi kuliah selesai dan akan dilanjutkan minggu depan bersama Tutor pendamping.

 




7 komentar:

  1. Cingrat ya. Semangat semoga semakin tawadhu dengan ilmunya

    BalasHapus
  2. Selamat berjuang, Bu Rita. Semoga kuliahnya lancar dan berkah

    BalasHapus
  3. Semangat Bu Rita. Selamat berkampus ria lagi, walaupun masih PJJ.....
    Ngalamin juga jadi mahasiswa PJJ ya Bun

    BalasHapus
  4. Waah, masih semangat nih menuntut ilmu. Barakallah, Bu

    BalasHapus
  5. I proud of you Cikgu Rita. Sukses selalu.

    BalasHapus
  6. Semangat Bu Rita..u mnempuh S2nya..smg lncar n sukses sllu. Aamin

    BalasHapus
  7. Masya Allah lanjut belajar di kampus lagi. Semangat Bu Rita.

    BalasHapus